4 Bahan untuk Menjernihkan Air Kolam Renang

4 Bahan untuk Menjernihkan Air Kolam Renang

Di awal ketika ingin membuat kolam renang pasti kebingungan mencari kontraktor kolam renang yang cocok, ketika kolam sudah jadi masalah lain muncul yakni berupa cara menjaga kondisi air kolam tetap jernih, Air kolam seringkali mengalami masalah karena beberapa hal. Hal tersebut bisa saja terjadi pada air kolam pribadi atau umum. Kejernihan air memang bisa berubah kapan saja, tergantung pada kondisi cuaca dan juga sekitarnya. Maka dari itu, diperlukan bahan untuk menjernihkan air kolam renang.

Bahan untuk Menjernihkan Air Kolam Renang

Terdapat beberapa bahan yang bisa dipakai untuk menjernihkan air kolam renang. Agar bisa digunakan dan tidak menyebabkan iritasi atau alergi muncul pada kulit sensitif. Berikut adalah macam-macam bahan-bahan penting tersebut.

1. Ijuk

Ini adalah suatu serabut berwarna hitam dan memiliki tekstur keras. Fungsinya adalah untuk bisa memberikan perlindungan pada pangkal pelepah daun aren. Produksi aren yang ada di Indonesia cukup besar, maka dari itu, tentu ada banyak ijuk menjadi limbah.

4 Bahan untuk Menjernihkan Air Kolam Renang

Ternyata ijuk bisa berfungsi sebagai bahan untuk menjernihkan air di kolam renang. Caranya adalah memfungsikannya sebagai alat penyaring. Bahkan, ternyata bahan ini juga bisa sangat efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap dan polutan dalam air sedikit demi sedikit.

2. Pasir Silika

Bahan yang kedua ini juga cukup lazim digunakan untuk menyaring air. Bahkan, pasir silika juga terbukti ampuh menjernihkan air keruh di kolam renang. Maka dari itu, tidak heran jika benda satu ini sering dimanfaatkan untuk membantu dalam proses penyaringan air agar menjadi jernih kembali.

Penggunaan pasir silika sangat ampuh untuk membantu menyaring lumpur, pasir endapan dan juga benda-benda asing yang ada dalam air kolam. Dengan begitu, air kolam Anda akan kembali menjadi bersih dan jernih seperti sebelum-sebelumnya lagi.

3. Batu Alam

Batu alam ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menyaring air. Filter alami menggunakan batu alam ini dinilai lebih aman dan ramah lingkungan. Karena tidak menggunakan campuran bahan kimia atau partikel asing pada proses pengeringannya.

Penggunaan batu alam ini sangat efektif untuk menjernihkan air yang keruh dalam kolam renang. Bahkan, bisa juga menyaring kotoran dan juga benda-benda asing dalam kolam. Misalkan saja seperti lumut, daun kering dan juga hewan mati yang ada di dasar kolam.

4. Arang dari Batok Kelapa

Arang yang berasal dari batok kelapa yang dibakar juga bisa berfungsi sebagai alat filter air. Penggunaanya sangat ampuh dan bisa digunakan untuk menjernihkan air kolam keruh setelah digunakan. Dengan begitu, kolam akan kembali bersih dan jernih. Setelah itu bisa digunakan kembali seperti biasanya.

Pemakaian arang untuk menjernihkan air juga bisa membantu untuk menghilangkan bau tidak sedap dan juga polutan pada air kolam. Biasanya karena tercemar dan terkontaminasi dengan benda-benda asing yang ikut masuk ke dalam wadah kolam renang Anda tersebut.

Sekian penjelasan singkat tentang bahan untuk menjernihkan air kolam renang ini. Ada banyak sekali benda-benda yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Bahkan, semuanya sudah tersedia di sekeliling Anda selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.