Cara Membeli Rumah Lelang Bank BTN

6 Cara Membeli Rumah Lelang Bank BTN

Cara membeli rumah lelang bank btn menjadi kebutuhan orang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup miring. Pasalnya rumah tersebut merupakan jaminan dari debitur yang tidak melanjutkan pembayaran. Lantas hal itu menarik perhatian masyarakat indonesia baru baru ini

Dilansir dari tipeatm.com bank BTN sering mengadakan lelang dari agunan dengan harga cukup miring. Tepat pada tahun ini di Gelaran Aset Festival Nasional merupakan strateginya untuk mengundang para investor agar membeli berbagai aset-aset perseroan.

Pada acara tersebut diketahui total aset yang disajikan sampai 8140 unit dengan total jika diuangkan 3 triliun rupiah. Adapun beberapa macam aset seperti ruko, proyek perumahan, pertokoan, apartemen, hotel sampai rumah tapak. Semua itu dapat dibeli oleh siapapun. Cara Membeli Rumah Lelang Bank BTN

Apa Itu Membeli Rumah Lelang Bank BTN?

Sebelum menuju ke cara membeli rumah lelang bank btn, alangkah baiknya mempelajari tentang pelelangan. Pengertian lelang berdasarkan Peraturan Menteri keuangan tentang pelaksanaan lelang yaitu penjualan suatu benda untuk umum dengan penawaran harga baik secara tertulis maupun lisan yang meningkat dan turun sampai harga terakhir paling tinggi.

Sedangkan berdasarkan kamus, rumah lelang yaitu rumah sitaan dari bank BTN karena tidak melanjutkan atau gagal bayar. Oleh karena itu pihak bank BTN melakukan pelelangan jika debitur tidak bisa melunasi tagihan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Hal tersebut bisa terjadi disebabkan pemilik aset terjerat kasus kriminal di negara maupun bank. Itu berlaku tak hanya untuk rumah saja, pelelangan bisa berlaku untuk apartemen, perusahaan, gedung, dan lainnya.

Cara Membeli Rumah Lelang Bank BTN

Setelah kita mengetahui pengertianya, yuk kita bahas bagaimana  cara membeli rumah lelang bank btn. Ini diperuntukan buat anda yang ingin membeli rumah namun hanya memiliki dana minim. Langkah-langkahnya pun cukup mudah apabila tahu alurnya.

1. Akses website resminya

Langkah awal sebelum melakukan pembelian aset, anda harus memilih kriteria rumah dengan mengakses website resminya rumahmurahbtn.co.id . Disitu akan tertera lengkap data harga, lokasi rumah.

2. Pilih Lokasi

Setelah mengakses situs tersebut, maka anda sudah bisa memilih lokasi provinsi sesuai keinginan. Pilih kabupaten atau kota, kecamatan, dan masukan juga alamat aset serta harganya. pada website tersebut terdapat kisaran harga dari Rp 100 juta sampai Rp 1 miliar keatas.

3. Melengkapi Formulir

Apabila telah mendapatkan rumah lelang, selanjutnya yaitu melengkapi form. Silahkan isi nama, email, no handphone dan keterangan dengan valid. Kemudian silahkan menghubungi pengelola jaminan bank BTN

4. Proses Survei

Bilamana telah melengkapi formulir pelelangan, maka petugas akan memprosesnya dan anda bisa melakukan survei dan mengecek bagaimana kondisi aset lelangan sebelum proses lelang dimulai di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

5. Melunasi Biaya Jaminan

Agar dapat mengikuti kegiatan di KPKNL, anda wajib melunasi biaya jaminan sebesar 20 persen dari biaya agunan aset. Bila sudah telah mendapatkan rumah lelang akan dihubungi oleh pihak terkait.

Sekian informasi terkait cara membeli rumah lelang bank btn, semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.