Experiential Marketing : Pengertian dan Jenis

Experiential marketing merupakan strategi memasarkan produk atau jasa dengan memberikan pengalaman khas brand Anda kepada konsumen. Tujuannya agar pelanggan bisa lebih mengingat tentang produk dan brand bisnis. 

3 Jenis Experiential Marketing

Experiential marketing penting sekali diterapkan dalam bisnis guna membangun koneksi dengan konsumen, meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap brand dan meningkatkan brand awareness. Terdapat 3 jenis teknik pemasaran experiential bisa digunakan yaitu: 

1. Pameran Produk

Melakukan pameran memberikan kesempatan kepada konsumen untuk merasakan sendiri produk Anda. Tentu saja, pengalaman ini diperoleh secara langsung memberikan hasil berbeda dibandingkan hanya memberi penjelasan panjang lebar. 

Apa itu Experiential Marketing? Apa Contohnya? - Masa Depan Design

Jika pameran berhasil dilakukan kemungkinan besar dapat membantu sekitar lebih dari 60 persen konsumen memahami produk lebih baik. Seorang Bisnisman harus memahami 2 cara melakukan pameran yaitu dengan meletakkan produk baru di toko atau menggelar event. 

2. Event Pop-Up

Jenis experiential marketing kedua adalah event pop-up, banyak pilihan bisa diterapkan diantaranya bazar, instalasi seni dan pertunjukan live. Tujuan strategi marketing ini untuk membuat pelanggan memiliki pengalaman lebih  sempurna dalam menggunakan produk. 

 

Event pop-up berlangsung beberapa hari saja, sehingga cukup menarik perhatian target pasar mendatangi acara sebelum periode selesai. Karena jika sudah berakhir, tidak dapat dipastikan kapan event dibuka lagi sehingga konsumen berusaha agar segera berkunjung.

3. Seminar dan Workshop

Ketiga, produk bisa dipromosikan dalam kegiatan seminar atau pelatihan. Bukan hanya membangun koneksi, tujuan pebisnis di sini cenderung untuk memberikan pengetahuan atau ilmu tentang produk. Anda bisa memilih seminar offline atau online. 

Berbeda dengan pelatihan yang biasanya dilakukan secara langsung atau tatap muka. Silakan buka kelas workshop berkaitan dengan brand produk. Misalnya, Anda bergerak di bisnis kado atau hadiah. Maka, dapat membuka kelas pembuatan buket bunga dengan menyelipkan nama brand produk. 

terdapat 3 jenis experiential marketing yang sangat cocok diterapkan di zaman sekarang ini. Mulai dari pameran, seminar, pelatihan hingga event pop-up. Menariknya, salah satu jenis bisa dilakukan secara online sehingga tidak terhalang meskipun pandemi covid-19. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.