3 Kelemahan CCTV WiFi Terbaru

3 Kelemahan CCTV WiFi Terbaru

Beberapa orang membutuhkan CCTV di rumahnya. CCTV ini dipergunakan untuk memonitor apa yang terjadi di rumah seseorang. Namun ada beberapa kelemahan CCTV WiFi yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan sebelum memasangnya.

CCTV WiFi

CCTV WiFi atau biasa disebut Wireless CCTV adalah jenis kamera pengintai yang cara kerjanya bergantung pada jalan kerja WiFi. WiFi jenis ini digunakan dengan tanpa kabel seperti kamera pengintai pada umumnya. WiFi ini juga bisa diakses dari handphone, laptop dan device lainnya.

Kelebihan dari CCTV ini adalah rekaman dari kameranya bisa diakses secara online. Hal inilah yang menjadikan CCTV ini unggulan untuk pengguna dengan mobilitas harian tinggi. Pada WiFi ini juga disediakan notifikasi untuk mendeteksi objek di rumah yang dianggap janggal.

3 Kelemahan CCTV WiFi Terbaru

Selain itu, WiFi jenis ini bisa ditempatkan dimana saja. CCTV ini biasanya ditempatkan pada tempat – tempat tertentu di suatu ruangan. Seperti contohnya pada sudut rumah, sudut garasi, dan masih banyak lagi. Jenis kamera yang kecil juga menjadi alasannya.

Kebanyakan CCTV WiFi berasal dari merk provider ternama. Seperti contoh yang beredar di pasaran adalah Xiaomi, Panasonic, dan lain sebagainya. WiFi wireless ini menciptakan kelegaan bagi penggunanya karena tidak harus berulang kali menelpon orang rumah untuk menanyakan keadaan.

Kelemahan CCTV WiFi

Disaat ada kelebihan, pasti akan ada kelemahan yang menyertai. Begitupun pada WiFi jenis wireless ini yang sering dijadikan  pilihan bagi orang lain. Kelemahan dari WiFi ini bukan untuk menjelekan produknya, namun sebagai acuan bagi pembeli sebelum membeli produk ini.

1. Sulitnya Konfigurasi

Kelemahan yang pertama adalah sulitnya konfigurasi pada WiFi jenis ini. Kemudahan yang ditawarkan oleh WiFi adalah tahapan menginstalnya, namun untuk mengaturnya sangat sulit. Contoh, ketika pengguna akan memindahkan WiFi, maka akan terjadi trouble pada konektivitasnya.

Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan orang masih ragu untuk memakai CCTV WiFi. Selain itu, jenis WiFi ini masih tidak familiar digunakan oleh orang yang kurang mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu, hal ini sering menjadi pertimbangan.

2. Kualitas Gambar Rendah

Kelemahan kedua adalah kualitas gambar yang rendah. Hal ini disebabkan karena CCTV WiFi bergantung pada jaringan internet yang ada di rumah. Sehingga ketika cuaca buruk dan mempengaruhi WiFi, maka CCTV jenis ini juga akan ikut terpengaruh.

Hal ini yang menyebabkan tidak adanya konsistensi untuk menjamin pengguna mendapatkan kelebihan khusus. Untuk itu, kualitas gambar yang rendah terkadang akan semakin buruk ketika terjadi 1 atau 2 trouble secara bersamaan. Pengguna WiFi ini harus memikirkan hal ini baik – baik. 

3. Mahal

Kelemahan yang ketiga adalah mahalnya harga CCTV WiFi. Mengapa demikian? Dibandingkan dengan CCTV jenis kabel, CCTV ini dibandrol dengan harga yang mahal. Hal ini karena CCTV jenis ini menggunakan internet untuk terhubung.

Jaringan internet memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan banyak devices secara bersamaan. Terkadang, pada suatu paket provider, CCTV WiFi di bandrol dengan harga yang fantastis. Harga ini dinilai sesuai dengan kualitasnya dan kemudahan yang ditawarkan.

4. Bergantung Pada WiFi

Kelemahan selanjutnya adalah CCTV jenis ini selalu bergantung dengan WiFi dirumah. Dari namanya saja sudah CCTV WiFi, otomatis akan bergantung pada jaringan internet juga. Bergantung pada WiFi juga akan menyebabkan sinyal gampang hilang.

Keluhan yang sering dirasakan pengguna WiFi adalah ketika musim hujan. Karena sinyal WiFi tidak akan berjalan sempurna seperti kebanyakan hari. Hal inilah yang menyebabkan pengguna yang memasang CCTV WiFi akan merasakan kesulitan di musim hujan.

Itulah tadi penjelasan tentang kelemahan CCTV WiFi yang dikutip dari dekke.net. Kelemahan diatas bukan untuk menjatuhkan suatu produk, melainkan dijadikan bahan acuan oleh pengguna. Tujuannya agar CCTV WiFi ini dapat berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.