Perbedaan Marmer dan Keramik Agar Anda Tidak Salah Memilih

Perbedaan Marmer dan Keramik Agar Anda Tidak Salah Memilih

Masih banyak orang awam yang belum memahami perbedaan marmer dan keramik. Penghias ruangan ini memiliki ciri-ciri berbeda yang bisa Anda amati. Lantas apa yang membedakan antara kedua benda tersebut? Cek beberapa ulasan di bawah ini!

Pengertian Marmer dan Keramik

Marmer merupakan batuan hasil metamorfosis dari batu gamping. Benda tersebut memiliki pori sehingga akan berbunyi mendesis jika ditetesi asam atau teksturnya menjadi rapuh. Warna aslinya adalah putih dan penyusun utamanya adalah mineral kalsit.

Sedangkan keramik berasal dari bahasa yunani, yakni keramos. Artinya bentuk baru dari tanah liat dicampur dengan bahan anorganik dan mengalami proses pembakaran lalu dihaluskan. Pembuatan benda ini membutuhkan bahan seperti pasir, tanah liat putih atau kaolin, dll.

Perbedaan Marmer dan Keramik Agar Anda Tidak Salah Memilih

Setelah mengetahui pengertian dari marmer dan keramik. Selanjutnya akan memahami apa perbedaan dari kedua benda tersebut. Kemudian bisa memilih jasa poles marmer terpercaya untuk menghias ruangan anda.

Perbedaan Marmer dan Kramik

Marmer dan keramik memiliki karakteristik yang berbeda. Keduannya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam mempercantik ruangan Anda perlu memahami perbedaannya dari kedua benda tersebut.

1. Perbedaan Kualitas

Pembentukan marmer terjadi pada proses alami pada batu apung di dalam perut bumi yang memerlukan waktu sangat lama. Benda ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan keramik. Meskipun begitu tidak memiliki kesan kaku, mudah retak dan pecah.

Kedua benda tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Marmer akan cenderung lebih kokoh dan tahan lama karena memiliki struktur yang kuat. Sedangkan keramik membutuhkan perhatian ekstra karena bersifat berat dan mudah pecah.

2. Perbedaan Nilai Estetika

Keramik memiliki motif dan warna yang beragam serta menarik. Motif ini biasanya menyerupai tekstur batu, bergambar bunga, abstrak, dan lain sebagainnya. Sayangnya trend motif keramik sering cepat berubah.

Sementara motif marmer tidak bisa untuk ditiru maupun dimodifikasi. Estetika yang muncul merupakan hasil karya alami. Keindahan benda tersebut membuat ruangan tampak berkelas dan elegan serta mampu menandakan status sosial.

3. Perbedaan Perawatan

Keramik dan marmer memiliki perbedaan dalam perawatannya. Keramik cenderung lebih mudah untuk dirawat dalam kehidupan sehari-hari. Anda hanya perlu rajin menyapu dan mengepel supaya tetap bersih.

Marmer merupakan benda yang cenderung tidak gampang menyerap noda. Sehingga pembersihan marmer cukup mudah. Namun perlu digaris bawahi bahwa benda tersebut memerlukan perawatan khusus secara rutin supaya tetap terlihat indah dalam jangka waktu lama.

Demikian perbedaan marmer dan keramik. Benda tersebut memiliki harga yang berbeda, proses pembuatan alami dengan waktu yang lama tentu jauh lebih mahal. Maka dari itu tentukan bahan bangunan apa yang cocok untuk Anda miliki untuk memperindah suatu ruangan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.